Jika satu minggu yang lalu ada yang bertanya kapan terakhir kali saya minum kopi, saya akan menjawab dengan, “entahlah, itu sudah lama sekali, sampai saya sendiri tidak mampu mengingatnya”.

Kopi saat ini bukan lagi menjadi minuman pelepas dahaga. Ia menjadi pencair ketegangan antara manusia yang mungkin sedang bersitegang di ruang rapat. Menjadi saksi romantis sepasang muda-mudi yang menghabiskan sore untuk menghindari kemacetan. Jadi peneman yang sedang sendiri mencari inspirasi.

Sampai satu minggu yang lalu, saya dan kopi adalah semacam anak muda pacaran lalu putus dan saling bermusuhan. Lambung menjadi orang ketiga penyebab perpisahan kami.

-oOo-

Kata orang bijak, tidak baik selalu menatap masa lalu. Sepahit apa pun, kembalilah untuk menoleh ke depan. Apalagi kalau cuma sepahit rasa kopi pekat sekalipun. Yah, pahitnya memang tidak seberapa tapi debaran di dada yang seiring dengan raungan manja asam lambung yang menggelora, sungguh saya tak kuasa.

Bertahun mengunjungi kedai kopi, segelas cokelat panas atau di-blended selalu menjadi andalan. Terkadang saya melirik penuh iri kepada mereka yang memesan kopi sambil ikut menyesapi aromanya yang demikian menggoda.

Entah ini rencana Tuhan atau ke-teledor-an saya. Bahwa sesungguhnya ada banyak umat manusia yang memiliki nama Aria, Arya, dan segala bentuk variasinya. Merasa namanya dipanggil oleh barista Starbucks, tangan saya langsung menghampiri. Dan dihisapan pertama, saya menyadari kalau gelas yang saya genggam adalah milik Aria // Arya yang lainnya, yang saat itu menatap saya dengan lirikan tajam penuh dendam.

-oOo-

Caramel frappucino, menjadi pengakhir puasa bertahun-tahun saya tidak membasahi lidah dengan kopi. Rasanya enak dan nyaman di lambung. Persis seperti yang saya dengar di iklan Luwak White Coffee. Esoknya, pergaulan dengan kopi olahan semakin menyenangkan.

Sesuatu yang pahit bukan berarti tidak bisa berubah menjadi manis. Kalau pahit kopi saja bisa dilewati, pahitnya kehidupan semoga bisa mendewasakan diri. #MenatapSecangkirKopiHitam

caramel frappuccino
caramel frappuccino
Advertisements